Alasan Produk Frozen Food Kian Laris di Masa Pandemi

Frozen food dapat menjadi inovasi usaha bagi pelaku UMKM yang relevan untuk dilakukan di tengah situasi pandemi. Semenjak diberlakukannya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di bulan Maret 2020 hingga memasuki masa PSBB transisi dan kembali diberlakukannya PSBB jilid kedua sejak 14 September 2020, menjadikan produk makanan kategori frozen food sebagai alternatif pilihan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka.

Kualitas, rasa, dan variasi yang tidak kalah dengan makanan di restoran menjadi faktor tersendiri yang menyebabkan tidak sedikitnya peminat dari produk ini.

Berikut empat alasan yang menjadi pendorong masyarakat memilih kategori makanan frozen food yang telah kami rangkum dari Marketeers.com.

1. Pengolahan Praktis
Aktivitas masyarakat yang mengalami peralihan membuat jadwal kegiatan pun berubah. Misalnya, jika sebelumnya mereka bisa makan siang di luar saat berada di kantor, dengan sistem kerja dari rumah (work from home/WFH), mereka harus menyiapkan makan sendiri atau memesan makanan lewat aplikasi.

Namun, dalam keadaan tertentu, frozen food bisa jadi pilihan yang tepat karena unggul dari sisi kepraktisannya. Konsumen bisa mengolah makanan beku siap saji dengan menggoreng, mengukus, atau merendam makanannya dengan air hangat. Proses ini jauh lebih singkat daripada harus memasak bahan mentah.

2. Tidak Kehilangan Nutrisi
Siapa bilang setiap makanan beku pasti minim nutrisi? Faktanya tidak demikian. Beberapa produk makanan ini bahkan memiliki nutrisi tinggi. Dikutip dari The Academy of Nutrition and Dietetics, frozen food dapat menyimpan vitamin dan mineral. Produk ini juga tidak mengubah kandungan yang ada di dalamnya.

3. Tahan Lama
Salah satu keunggulan utama dari frozen food tentunya kemampuan bertahan lebih lama dibandingkan produk makanan lain. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meski tahan untuk beberapa waktu ke depan, frozen food tetap mempertahankan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Terlebih lagi, dengan pengembangan cara memasak, banyak produk yang sudah tidak menggunakan bahan pengawet kimia untuk memperpanjang masa penyimpanan.

Frozen food sekarang sudah semakin dilirik oleh konsumen sebagai salah satu pilihan makanan yang populer. Apalagi sekarang konsumen juga sudah mulai memahami bahwa frozen food itu tidak melulu soal penggunaan bahan pengawet,” ujar Founder Umara Group Adhia Absar.

4. Higienis
Menjaga kebersihan dari proses pembuatan dan penyimpanan frozen food tidak perlu lagi diragukan. Karena jika tidak, masa penyimpanan makanan yang akan menjadi taruhannya. Karena itu, para pengusaha kuliner yang menghadirkan produk frozen food pun meningkatkan pengawasan mereka dari segi kebersihan. Sehingga, makanan bisa lebih awet dan konsumen pun tidak perlu khawatir soal kebersihan.

 

Frozen food memang bukan produk baru bagi masyarakat yang sudah mengenal beberapa makanan seperti nugget atau sosis yang biasa dipasarkan dan disimpan beku sebelum dikonsumsi.

Namun, beragam variasi jenis makanan frozen food kini hadir bukan hanya menu sederhana, tetapi menu yang biasa kita temukan di restoran. Hal ini merupakan peluang usaha bagi para pelaku UMKM kuliner sebagai bagian dari adaptasi usaha untuk mengimbangi perubahan yang ada di masyarakat pada masa pandemi.

Unduh Dokumen Pendukung :