Google Bisnisku Bantu UMKM Tetap Terhubung dengan Pelanggan Saat Pandemi

Google Bisnisku atau dikenal juga dengan sebutan Google MyBusiness, merupakan salah satu layanan berbasis Internet untuk para pemilik yang ditawarkan oleh Google dan yang sudah sangat familiar sekarang ini. Google Bisnisku dapat digunakan secara gratis oleh siapapun para pemilik bisnis yang ingin bisnisnya semakin dikenal luas di lewat dunia maya.

Tidak hanya itu, yang menjadi kelebihan lain untuk produknya ini selain bisa di manfaatkan secara cuma-cuma atau gratis, yakni dapat di manfaatkan oleh para pelaku usaha dari berbagai skala, khususnya UMKM.

Aidil Wicaksono, Fasilitator Gapura Digital mengatakan sekarang ini internet menjadi salah satu media yang cukup efektif untuk berpromosi serta tetap terhubung dengan pelanggan. Selain itu, fitur yang ditawarkan Google Bisnisku dapat mengoptimalkan strategi pemasarannya. Google Bisnisku juga berguna untuk mempermudah konsumen untuk mengetahui informasi lengkap mengenai sebuah bisnis.

“Fitur yang dihadirkan oleh Google Bisnisku dapat membantu UMKM supaya lebih mudah ditemukan di internet serta informasi lengkap dari bisnis tersebut. Karena sebuah usaha yang termuat telah mempunyai informasi lengkap serta terverifikasi pada saat mendaftarkan bisnis,” katanya dalam kegiatan pelatihan daring Grab #TerusUsaha Akselerator UMKM, Senin, (3/7/20).

Aidil menambahkan beberapa alasan utama menggunakan Google Bisnisku yaitu, mempermudah untuk menemukan pelanggan, berhubungan langsung dengan pelanggan, serta mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Tidak hanya itu, melalui Google Bisnisku pelanggan akan mengetahui nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review pelanggan.  Karena sebuah usaha yang termuat telah mempunyai informasi lengkap serta terverifikasi pada saat mendaftarkan bisnis atau usahanya.

Google Bisnisku terintegrasi dengan mesin pencari atau search engine Google dan Google Map. Jadi bisnis yang sudah terdaftar dan terverifikasi program ini akan bisa seketika muncul saat ada pengguna internet melakukan pencarian di media-media yang terintregasi tadi.

Dengan adanya demikian, tentunya bisnis akan lebih mudah ditemukan melalui internet, dan sangat berpotensi dapat menjaring para konsumen-konsumen baru. Sistem Google Bisnisku secara otomatis dapat menampilkan bisnis anda saat ada pengguna intenet melakukan pencarian berdasarkan lokasi, kategori ataupun merek.

Di tengah masa pandemi seperti ini juga menghasilkan laju perubahan salah satunya bagi pelaku usaha yang didukung perkembangan teknologi. Nantinya, melalui tautan tersebut  Anda akan sampai pada halaman yang memungkinkan Anda dapat melakukan perubahan informasi pada bisnis. Contohnya seperti memperbarui jam kerja bisnis, menambahkan layanan tambahan, atau memberi tahu pelanggan tentang potensi keterlambatan pelayanan.

Unduh Dokumen Pendukung :