Gurihnya Peluang Usaha Dendeng Lambok Batokok Khas Padang

Membangun bisnis memang bukan suatu pekerjaan yang mudah, apalagi bisnis yang berkaitan dengan makanan. Kepercayaan konsumen dan cita rasa menjadi hal yang sangat krusial untuk dipertahankan.

Berawal dari kesukaannya akan masakan khas Padang, khususnya dendeng Lambok, membuat Edward Hendra Surya terdorong untuk membangun usaha Onde Mande Food. Selain itu, dendeng basah yang belum begitu familiar di Jakarta membuatnya memanfaatkan peluang tersebut.

Edward yang merupakan anggota komunitas Sahabat UMKM di DKI Jakarta ini mengatakan bahwa kuliner dendeng Lambok di Jakarta masih sangat jarang karena kebanyakan pelaku usaha menjual dendeng kering. Ia pun mulai mencoba menjual produknya melalui Facebook yang dipasarkan ke teman-temannya. Ternyata, respon yang didapatkan cukup baik dan kebanyakan pembeli menyukai dendeng olahannya.

Produk Onde Mande menjadi sangat spesial karena merupakan masakan dendeng Padang Peranakan. Bahan baku daging has dalam (Gandik) berkualitas dengan serat lembut diolah tanpa bahan pengawet dan penggunaan resep keluarga turun-temurun yang khas menjadikan produk dendengnya berbeda dengan yang lainnya.

Selain itu, menjaga kualitas produk pun menjadi hal yang utama baginya karena dapat menarik minat beli konsumen untuk kembali membeli (repeat order) produknya.

Saat ini proses produksi Onde Mande dilakukan di Jakarta Timur dan Bandung dengan rata-rata produksi sebanyak 250 hingga 270 box setiap minggunya.

Edward menambahkan, produknya termasuk pioneer, karena pada tahun 2012 jarang ditemukan produk Dendeng Lambok Batokok yang dijual secara online dengan menggunakan kemasan modern.

Saat ini, promosi penjualan produk Onde Mande dilakukan secara online melalui media sosialmarketplace, dan menerapkan strategi reseller. Edward juga mengoptimalkan penggunaan database pelanggan lama untuk membangun hubungan emosional dengan konsumen.

Salah satu harapan Edward akan produknya adalah agar Dendeng Onde Mande dapat menjadi salah satu icon oleh-oleh khas dari Indonesia.

“Jadi saat konsumen membeli produk Dendeng Onde Mande, tentunya dapat menjadi buah tangan membanggakan dan tentunya dirindukan oleh setiap orang yang pernah mencobanya,” kata Edward.

Untuk tetap bertahan dalam masa pandemi, Edward memberikan beberapa tips untuk pelaku usaha yaitu dengan memperluas channel distribusi, memupuk mental sebagai pengusaha agar tidak gampang menyerah, jangan pernah takut untuk terus mencoba, dan dengan moto Serious, Action, Make It Happen membuatnya semakin semangat untuk terus berjuang mengembangkan usahanya.

Unduh Dokumen Pendukung :