Komunitas Sahabat UMKM Berkolaborasi dengan Mondelez Indonesia Luncurkan Inisiatif Dukung UMKM Kuliner untuk Go Digital

Masa pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan masyarakat. Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terutama di bidang kuliner juga ikut terdampak pandemi yang telah berlangsung lebih dari satu tahun.

Guna mendukung perkembangan UMKM, Mondelez Indonesia meluncurkan inisiatif #DukungUMKMKuliner sebagai bentuk inspirasi kreativitas sektor kuliner untuk meningkatkan penjualan dan bisnisnya. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Go Food, Komunitas Sahabat UMKM, dan Natural Cooking Club.

Prashant Peres selaku President Director Mondelez Indonesia menjelaskan dengan hadirnya inisiatif #DukungUMKMKuliner merupakan komitmen #MondelezUntukIndonesia, guna membagikan pengetahuan terkait tren kekinian dunia kuliner khususnya camilan dan dessert kepada para pelaku bisnis kuliner.

“Pelaku UMKM merupakan salah satu stakeholder terpenting kami, sehingga pengetahuan ini dapat mereka manfaatkan untuk meningkatkan bisnis,” ucapnya dalam acara peluncuran inisiatif #DukungUMKMKuliner Kreatif Kembangkan Bisnis Kuliner Kekinian yang diadakan oleh Mondelez Indonesia pada Kamis, (2/9/21).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno yang juga hadir di dalam acara peluncuran inisiatif ini turut mengapreasiasi inisiatif yang dilakukan oleh Mondelez Indonesia untuk mendukung pelaku UMKM kuliner di Indonesia. Beliau mengatakan, melakukan digitalisasi usaha akan membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kuliner melewati pandemi Covid-19.

“Di tengah pandemi COVID-19 dan tantangan ekonomi, para pelaku kuliner mengalami tekanan yang luar biasa, salah satu jalan keluar agar berhasil adalah mendigitalisasi,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Melalui inisiatif #DukungUMKMKuliner, Mondelez Indonesia akan menghadirkan sebuah pelatihan dalam bentuk virtual dan dilaksanakan pada tanggal 5 September 2021 bertajuk ‘Kreatif Kembangkan Bisnis Kuliner Kekinian’. Berbagai materi akan diberikan selama pelatihan tersebut, mulai dari pengembangan kreativitas dalam menghadirkan menu kuliner kekinian, pemanfaatan digital marketing, serta berbagai tips pengembangan usaha dari para ahlinya.

Para pelaku UMKM kuliner dapat mendaftarkan diri pada pelatihan ini melalui tautan https://bit.ly/WorkshopUMKMMondelez paling lambat tanggal 4 September 2021.

Dukungan terhadap UMKM kuliner ini sejalan dengan tujuan Mondelez Indonesia yakni ‘Empower People to Snack Right’ yang berkomitmen membuat produk-produknya dengan cara yang tepat. Salah satunya dengan memberdayakan masyarakat dan komunitas di sepanjang rantai bisnis.

“Kami berharap inisiatif ini turut meningkatkan bisnis UMKM kuliner, sekaligus mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ujar Prashant.

Selain melalui pelatihan, Mondelez Indonesia juga menghadirkan berbagai inspirasi menu kekinian guna mengembangkan kreativitas pelaku UMKM melalui website www.snacks-desserts.id yang dapat diakses dengan mudah setiap saat.

Unduh Dokumen Pendukung :