Kreasi Menu Takjil Kekinian untuk Ide Usaha Selama Bulan Puasa

Ibadah puasa selalu identik dengan yang namanya takjil. Makanan yang biasa disantap saat berbuka ini selalu laris diburu pembeli saat bulan Ramadan. Selama bulan puasa biasanya banyak sekali jenis menu takjil yang dijajakan para pedagang makanan terutama pada saat menjelang buka puasa.

Hal ini tentunya menjadi ladang yang sangat menguntungkan selama bulan ramadan. Banyak sekali yang memanfaatkan momen ini untuk berjualan karena penghasilan yang didapatkan perharinya juga cukup menguntungkan.

Dikutip dari Moka, berikut ini menu takjil kekinian untuk disantap atau dijual selama bulan Ramadan.

Smoothie Bowl


Smoothie bowl sempat menjadi tren di salah satu sosial media karena cara penyajiannya dan presentasinya yang manis. Makanan sehat ini sendiri merupakan menu kudapan yang terbuat dari buah-buahan dan berbagai jenis sayuran yang disajikan dalam mangkuk yang ditata dengan indah. Selain segar untuk disantap saat berbuka puasa, menurut para ahli, semangkuk smoothie bowl dapat memenuhi kebutuhan buah dan sayur selama satu hari.

Oats

Oats memiliki kandungan yang kaya akan serat dan dapat membuat rasa kenyang lebih cepat. Hal ini bagus untuk dikonsumsi ketika melakukan diet. Memilih oats sebagai menu sajian berbuka puasa, merupakan pilihan yang tepat bagi Sahabat yang sedang melaksanakan program diet. Selain itu, oats juga merupakan bahan yang sangat mudah dibuat dan dikombinasikan.

Sahabat bisa menambahkan campuran buah-buah segar, madu, dan susu rendah lemak untuk mendapatkan rasa yang lebih beragam.

Sop Buah

Selanjutnya menu takjil hemat yang satu ini, dari anak-anak sampai orang tua pasti mengetahuinya. Sop buah merupakan salah satu menu kudapan yang berbahan dasar buah-buahan. Untuk membuat sop buah, dibutuhkan banyak sekali jenis buah-buahan yang kemudian dipotong-potong dan lalu disiram dengan kuah sirup atau air gula.

Saat ini, isian sop buah tidak hanya berupa buah-buahan saja, tetapi juga terdapat tambahan beberapa bahan lainnya seperti tapai, kolang kaling, dan agar-agar.

Salad

Sayur dan buah kaya akan vitamin dan serat tentu adalah pilihan yang tidak salah untuk dijadikan takjil. Memilih sayur dan buah untuk takjil berbuka puasa dapat mengembalikan tenaga yang hilang. Dengan mengonsumsi sayur dan buah juga tidak akan membuat perut terasa begah. Untuk inspirasi bisnis menu takjil, selain dapat menyajikan menu salad dengan berbagai campuran, Anda juga bisa memberikan tampilan yang lebih menarik dengan membuatnya dalam bentuk roll atau wrapped, sehingga konsumen bisa lebih mudah dalam menikmatinya.

Press Juice

Produk kuliner sehat selanjutnya adalah press juice. Berbeda dengan jus pada umumnya yang diblender, minuman ini dibuat dengan cara menggiling buah atau sayuran, kemudian diperas hingga intisarinya keluar. Teknik pemerasan seperti ini juga tidak menyisakan ampas buah yang terlalu banyak atua bahkan tidak ada sama sekali. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa, press juice juga bisa digunakan untuk membersihkan racun di dalam tubuh.

 

Jika tertarik untuk berbisnis menu takjil, Sahabat bisa mulainya dengan menjual makanan yang sehat namun kekinian. Siapa tahu bisa jadi bisnis ini memiliki prospek yang menjanjikan, bukan saat bulan Ramadan saja. Selain tidak membosankan, menu takjil yang sehat dan kekinian dapat Sahabat jadikan tren dalam memulai hidup sehat di bulan Ramadan.

 

Unduh Dokumen Pendukung :