Makin Happy dengan Inovasi

Pertumbuhan bisnis makanan dan minuman memiliki peluang yang sangat menjanjikan karena minat usaha di bidang ini memang selalu tinggi. Minat yang tinggi tersebut tidak terlepas dari prospek usaha makanan dan minuman di Indonesia yang cerah dan masih menjanjikan.

Dimulai dari usaha rumahan, Reny Meldany, pelaku UMKM asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan, berhasil membangun usaha kuliner berupa kue kering dan berbagai minuman jus sehat di bawah naungan PT Happynez Group Pratama.

Bisnis ini dimulai karena kesukaan Reny untuk membuat aneka macam kue kering (cookies) dan berinovasi dengan membuat minuman kekinian.

Sebelum memulai usaha sendiri, Reny merupakan salah satu pegawai swasta dan memilih resign untuk mencoba membangun usaha dengan berinovasi sendiri dan memanfaatkan pangsa pasar kuliner yang memiliki peluang besar.

Pada tahun 2014, Reny membuat kue kering yang dikemas dengan rapi dan dijual kepada teman-temannya dengan memberikan tester agar mereka dapat mencicipi kue kering buatannya.

Reny selalu berkomitmen untuk selalu menghadirkan produk kue kering dengan kualitas rasa yang spesial. Happynez memiliki variasi produk kue kering mulai dari kastengel, nastar, sagu keju, hingga brownies cookies yang menjadi favorit para konsumennya. Produk bernama ABCHOKIES ini memiliki tekstur yang crispy dan crunchy dengan menggunakan cokelat yang dilelehkan dan dipadukan dengan campuran tepung.

Selain kue kering, Happynez juga memiliki lini produk minuman jus buah. Reny selalu menggunakan bahan baku yang berkualitas dan sangat menjaga kualitas rasa dari produk yang dibuatnya. Jus buah yang ditawarkan ada tiga macam yaitu mangga thai, alpukat mix mangga, dan alpukat dengan beraneka topping.

Reny mengakui, usaha kue kering dan jus buah saat ini persaingannya sudah sangat ketat. Karena itulah Ia dituntut agar lebih inovatif dan kreatif dalam hal rasa maupun mendesain tampilan produk menjadi semenarik mungkin.

Hal itu bertujuan agar produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan kompetitor yang sudah ada sebelumnya. Untuk meningkatkan product awareness dari Happynez, Reny selalu up to date dengan mengikuti perkembangan zaman dan gencar berpromosi di media sosial.

Kualitas bahan baku yang baik untuk tetap menjaga cita rasa serta harga yang terjangkau menjadi keunggulan produk Happynez. Reny mengatakan tidak sedikit konsumen yang memberikan respon positif yaitu cita rasa kualitas dari produk Happynez yang tetap terjaga saat dikonsumsi. 

Terbukti dengan tetap menjaga kualitas produk, usaha Reny mampu berhasil dipasarkan tidak hanya di Kota Makassar namun di beberapa daerah mulai dari Jabodetabek hingga Papua.

Di tengah masa pandemi, Reny mengakui penjualannya sempat menurun hingga akhirnya dapat normal kembali dengan mengoptimalkannya melalui platform online. Produk Happynez dipasarkan secara online melalui media sosialmarketplace, Indonesia Mall, dan rencananya akan memasuki pasar retail. Reny juga tetap melakukan penjualan offline untuk produk Happynez melalui toko oleh-oleh di Kota Makassar.

Dengan motto usaha yang Ia pegang yakni ‘Action, Kreatif, dan Pantang Menyerah’ Reny berharap dapat memperluas usahanya dengan membuka cabang baru dan bisa menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat sekitar.

“Pengusaha harus terus semangat walaupun di masa sesulit apapun. Kita terus berusaha dan jangan patah semangat,” pungkasnya.

Unduh Dokumen Pendukung :