Menangkap Peluang Bisnis Minuman Herbal di Masa Pandemi

Minuman herbal menyehatkan yang mampu membuat tubuh terasa bugar banyak diminati oleh masyarakat. Ketenaran minuman herbal bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan, terlebih saat pandemi. Semakin tingginya peminat minuman herbal membuat bisnis minuman ini semakin diperhitungkan.

Berawal dari iseng menawarkan tester kepada temannya, Kalyani Chandra berhasil mengembangkan produk UMKM berupa minuman herbal bernama Osadha. Respon yang diberikan atas produknya pun positif, karena selain banyak yang menyukai rasanya, salah satu manfaat yang didapatkan adalah badan yang lelah menjadi segar setelah meminumnya.

Osadha dirintis oleh Kalyani sejak tahun 2016 dengan menggunakan bahan baku lokal dalam mengolah varian produknya mulai dari gula, beras asem, kunyit asam, beras kencur, temulawak, temukuas, dan lainnya.

Walaupun pengemasan produk masih dilakukan dengan cara manual, namun Kalyani tetap menjaga kebersihan dan kualitas rasa. Bahan baku yang digunakan dipilih dengan baik mulai dari rempah, air, dan gula. Produk Osadha diolah dengan tidak menggunakan pemanis buatan, pewarna, dan juga pengawet.

Di tengah pandemi saat ini, Kalyani mengalami berbagai hambatan mulai dari penurunan penjualan dan omzet, permodalan, minim order, dan kekurangan tenaga kerja. Sebelum masa pandemi, Ia memiliki 2 orang pegawai, namun saat ini Kalyani memproduksi sendiri usahanya dengan kapasitas produksi 100 botol per hari.

Namun Kalyani tidak patah semangat, berbagai hambatan yang dihadapinya saat ini Ia jadikan sebagai tantangan untuk mengembangkan usahanya.

Kini Kalyani memanfaatkan platform media online mulai dari media sosialmarketplace, sistem pre-order, memperbanyak reseller, dan melakukan blast message dengan memanfaatkan data konsumen yang dimiliki.

Tingginya kesadaran masyarakat akan kesehatan mendorong Kalyani untuk terus mengembangkan produknya dengan meningkatkan kualitas produk dan tetap membangun hubungan dengan pelanggan.

Melalui berbagai strategi yang dilakukan, Kalyani berharap dapat memperluas usahanya dengan memiliki gerai makanan dan minuman sehat nantinya.

Unduh Dokumen Pendukung :