Mental yang Perlu Dimiliki Pengusaha Perempuan

Pada masa pandemi ini, berwirausaha menjadi salah satu pilihan yang dapat diambil oleh masyarakat untuk menambah jaring pengaman finansial.

Banyak perempuan kemudian mencoba memijakkan kakinya di dunia wirausaha untuk mendapatkan tambahan pemasukan di tengah kondisi pandemi yang penuh ketidakpastian.

Meskipun dalam new normal terjadi beberapa perubahan dalam iklim usaha, beberapa aspek berikut ini dapat menjadi modal dalam membantu Sahabat untuk menjadi perempuan yang tangguh dalam berbisnis.

Stabil dan mampu mengendalikan emosi
Perempuan kerap dianggap sebagai makhluk yang serba baper (bawa perasaan). Hal ini sebenarnya tidaklah buruk, tetapi Sahabat perlu mengendalikannya lebih kuat lagi ketika terjun dalam dunia bisnis.

Mampu mengendalikan emosi di sini bukan berarti Sahabat harus menjadi makhluk yang tidak berperasaan. Di sini artinya Sahabat harus mampu mengambil suatu keputusan dengan matang dan mengesampingkan emosi dan perasaan tertentu terlebih dahulu. 

Mau keluar dari zona nyaman
Berani mengambil risiko dan mau keluar dari zona nyaman adalah hal yang harus Sahabat lakukan juga jika ingin menjadi perempuan yang sukses dalam berbisnis. Meskipun hal tersebut susah dilakukan tetapi bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilatih. Sahabat bisa memulai melakukan sesuatu yang tidak biasa dilakukan mulai dari sekarang. 

Keluar dari zona nyaman juga dapat terlihat ketika Anda mau mempelajari sesuatu yang sama sekali baru untuk Anda. Terbuka untuk mempelajari hal-hal baru adalah mental penting yang harus dimiliki oleh para pengusaha, baik perempuan maupun laki-laki. 

Memperbanyak relasi
Sahabat bisa memperbanyak relasi untuk menciptakan mental pebisnis yang siap bersaing. Relasi yang Sahabat miliki akan sangat memudahkan peluang menjalankan usaha ke depannya. 

Cara memperbanyak relasi dapat dimulai dengan menjadi seseorang yang ramah dan juga pandai bergaul. Bersikaplah low profile agar orang di sekitar Sahabat merasa nyaman dan senang dengan Anda. Jangan lupa untuk belajar sesuatu dari orang yang Anda kenal karena hal tersebut akan sangat berguna. Bergabung dalam komunitas pelaku usaha juga dapat membantu memperbanyak relasi Sahabat, khususnya dari sesama pelaku usaha.

Semoga dengan menerapkan berbagai kecakapan mental di atas, Sahabat akan menjadi pengusaha perempuan yang sukses.

Unduh Dokumen Pendukung :