One Day Training Batam: Mengembangkan UMKM yang Berdaya Saing Global

Batam (3/8/2019) - Komunitas Sahabat UMKM mengajak pelaku usaha di Batam untuk memasarkan produknya dan bertransaksi secara digital. Ajakan untuk meningkatkan kompetensi pelaku UMKM yang berdaya saing global ini disampaikan melalui kegiatan One Day Training Sahabat UMKM di Aula Lantai IV Kantor Walikota Batam, Sabtu (3/8/2019).

Kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi pelaku UMKM yang mengangkat tema “Membangun UMKM Berdaya Saing Global” ini diikuti oleh sekitar 300 pelaku UMKM Batam.

Sahabat UMKM menggandeng WowBid, BayarInd, dan M-Direct sebagai pembicara dalam kegiatan pelatihan bagi para pelaku UMKM Batam. Masing-masing pembicara menyampaikan materi yang berhubungan dengan pengembangan kompetensi pelaku UMKM untuk bersaing secara global.

“Hari ini ada dua materi yang disosialisasikan yaitu e-commerce (perdagangan elektronik) dan digital payment (pembayaran digital),” kata Wakil Ketua Bidang Pemasaran dan Pemodalan Sahabat UMKM, Patria Firdausi Mabrur.

Patria mengatakan jika pelaku UMKM di Batam bisa bersaing dengan memanfaatkan internet dalam memasarkan produknya. Selain tentunya dengan meningkatkan kualitas produk hingga desain kemasan yang menarik.

“Produk-produk buatan Batam sudah bagus. Tapi harus bersaing ketat dengan produk negara tetangga yang pemasarannya lebih modern. Namun yang menjadi kendala adalah kemasan serta desain yang kurang menarik,” ujarnya.

Karena itulah, sambung Patria, Sahabat UMKM hadir ke tengah pelaku usaha di Batam. Agar bisa bersama-sama memajukan produk lokal sehingga bisa bersaing dengan produk luar negeri.

“Komunitas ini mempertemukan antara Pelaku UMKM dan profesional kewirausahaan. Kita memberikan pemahaman dan solusi bagaimana cara menjangkau pemasaran yang lebih luas,” kata dia.

Prinsipnya adalah membangun komunikasi positif. Sahabat UMKM bisa menjadi sarana bagi para pelaku usaha untuk saling berkontribusi, menyampaikan pemikiran, dan pengalaman dalam membangun serta mengembangkan jaringan usaha.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, Suleman Nababan mengatakan saat ini Pemerintah Kota Batam tengah giat membangun Batam menjadi kota wisata. Keterlibatan pelaku UMKM dalam pembangunan ini melalui produk-produk kreatifnya sangat diharapkan pemerintah.

Ia menyatakan dukungannya terhadap kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Komunitas UMKM. Menurut Suleman, pelaku usaha memang harus bisa melihat peluang pasar. Sekaligus menjadikan produknya semakin dikenal dan menjangkau pemasaran yang lebih luas.

“Manfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya, dan diterapkan. Inilah wadah pelaku UMKM untuk saling berbagi informasi, bertanya, dan sebagainya,” pungkas Suleman.

Unduh Dokumen Pendukung :