One Day Training Sahabat UMKM Nusa Tenggara Barat

Lombok Barat (23/11/2019) - Kali ini, Sahabat UMKM mengadakan kegiatan One Day Training bagi pelaku UMKM Nusa Tenggara Barat (NTB) dan mengambil tema "Membangun UMKM yang Berdaya Saing Global" yang diadakan pada Sabtu (23/11/19) di RM Ujung Landasan⁣⁣, Dasan Tapen, Gerung, Kab. Lombok Barat, NTB⁣⁣.

One Day Training Sahabat UMKM merupakan kegiatan pelatihan yang diadakan oleh Sahabat UMKM untuk meningkatkan daya saing para pelaku UMKM di Lombok Barat. Kegiatan yang ditargetkan bagi pelaku UMKM dari berbagai bidang tersebut dihadiri dan dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB, Lalu Saswadi; Managing Director ITDC Nusa Dua, I Wayan Karioka; dan Wakil Ketua Bidang Pemasaran dan Pemodalan Sahabat UMKM, Patria Firdausi Mabrur.

Kegiatan ini turut didukung oleh Bank Republik Indonesia, Dinas Koperasi UKM Provinsi Nusa Tenggara Barat, WowBid, FINNA, dan juga M-Direct.

Kegiatan One Day Training adalah program rutin yang diselenggarakan oleh Komunitas Sahabat UMKM. Kota Lombok menjadi kota ke-7 yang dikunjungi oleh Sahabat UMKM dalam rangkaian program pelatihan bagi pelaku UMKM tersebut.

Lalu Saswadi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB dalam sambutannya mengatakan, bahwa saat ini usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi solusi warga Nusa Tenggara Barat dalam menanggulangi kemiskinan dan pengangguran. 

Saswadi menambahkan, hal tersebut sejalan dengan dengan misi Pemerintah Provinsi NTB yaitu 'UMKM Bersaing' yang merupakan  salah satu program unggulan Pemda dalam upaya mewujudkan misi NTB Sejahtera dan Mandiri pada Program Gemilang Ekonomi. NTB memiliki beragam produk UMKM yang otentik atau khas dengan identitas kelokalan masing-masing daerah. 

Pada kesempatan yang sama, Patria mengatakan bahwa saat ini Sahabat UMKM hadir untuk memberikan kontribusi positif serta tidak hanya menjadi wadah untuk berkumpul, namun juga menjembatani antara pelaku usaha profesional dan pelaku UMKM. 

Dalam mendorong UMKM di Lombok, saat ini juga hadir The Mandalika yaitu destinasi wisata sportainment berkelas dunia yang dikelola oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Saswadi menjelaskan, ITDC merupakan salah satu saran yang memfasilitasi UMKM di NTB dengan menghadirkan area bazaar dan kios sebanyak 330.

"Sarana yang dihadirkan oleh ITDC harus diisi oleh pelaku usaha, karena saat ini keadaannya belum ramai. Harapannya adalah agar pelaku UMKM tidak berjualan di pinggir jalan, yang nantinya dapat menganggu wisatawan," kata Saswadi.

Saswadi mengucapkan terima kasih atas kedatangan Sahabat UMKM melalui kegiatan One Day Training dengan memberikan ilmu kepada UMKM di NTB. "Melalui pembelajaran Sahabat UMKM ini sangat penting, khususnya mempelajari tentang penjualan online yang seharusnya wajib untuk dilakukan. Karena selain penjualan dalam bentuk fisik, penjualan juga harus dilakukan secara online," katanya.

Kegiatan One Day Training Sahabat UMKM diisi dengan sesi pelatihan yang menghadirkan narasumber dari praktisi profesional, antara lain WowBid sebagai sebuah institusi digital yang menjelaskan tentang pemasaran produk di dunia digital dan juga M-Direct sebagai sebuah institusi swasta yang khusus hadir untuk memberikan solusi akses perdagangan bagi pelaku UMKM.

Unduh Dokumen Pendukung :