Pentingnya Kepuasaan Pelanggan untuk Menciptakan Konsumen Loyal

Dalam membangun sebuah usaha hal yang paling penting adalah kepuasan pelanggan. Jika seorang pelanggan merasa puas dengan produk yang dijual, mereka akan menjadi pelanggan yang loyal dan akan merekomendasikan produk Anda pada orang lain. Dengan begitu, akan ada banyak pelanggan baru yang berdatangan mencari produk Anda.

Gufron Syarif, owner Haus! Indonesia menjelaskan kepuasan pelanggan menjadi modal penting untuk kesuksesan sebuah bisnis. Menurutnya, pelanggan yang merasa puas ditandai dengan tidak adanya keluhan.

“Tetapi hal itu hanya menjadi salah satu bagian saja, karena ada faktor lain yang membuat kepuasan pelanggan,” katanya dalam kegiatan pelatihan daring Grab #TerusUsaha Akselerator UMKM, Selasa (4/7/20).

Gufron menambahkan keberhasilan strategi pemasaran suatu usaha dapat dicapai jika kepuasan pelanggan telah terpenuhi, namun untuk memperoleh hal tersebut tidak mudah. Salah satu faktornya adalah tingkat kepuasan setiap pelanggan tentu berbeda walaupun menggunakan produk yang sama.

Dalam meningkatkan strategi kepuasan pelanggan, Gufron membagikan beberapa tips yaitu pertama memahami lokasi, produk, dan proses. Dengan pemilihan lokasi usaha dan penataan tempatnya merupakan hal yang penting. Misalkan seperti jarak tempuh, akses jalan, dan tepat parker akan menjadi pertimbangan pelanggan.

Selanjutnya desain tempat bisnis seperti rancangan eksterior, interior, dan kebersihan akan semakin membuat konsumen nyaman saat berkunjung. Setelah sampai di tempat bisnis, misalnya sebuah supermarket maka pelanggan akan memperhatikan harga, kualitas, dan pengemasan. Dalam aktivitas tersebut, terjadi tahapan proses dimana seharusnya pengelola bisa melayani pengunjung tanpa proses yang menyulitkan.

Yang kedua ialah meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM). Apabila faktor pertama mengalami kendala, maka faktor SDM diharapkan bisa mengisi kekurangan tersebut. Sehingga setiap perusahaan membutuhkan karyawan yang bisa fokus melayani pelanggan dengan baik.

Dengan begitu, Anda tidak perlu takut dengan kompetitor walaupun lokasi bisnis berdampingan atau kualitas produknya sama dengan Anda. Kalau tidak dilengkapi dengan SDM tersebut, maka tetap saja tidak akan bisa menciptakan kepuasan pelanggan yang baik.

Selanjutnya faktor terakhir yaitu penanganan terhadap masalah atau komplain. Dalam sebuah usaha, permasalahan bisa saja terjadi sehingga komplain akan diberikan oleh pelanggan. Namun hal itu bisa menjadi kesempatan bagus untuk menumbuhkan pelanggan yang loyal. Caranya dengan memberikan solusi terbaik sesuai dengan permintaan pelanggan. Oleh karena itu, kemampuan dalam memecahkan masalah harus dimiliki oleh setiap karyawan.

Unduh Dokumen Pendukung :