Resmi Dibuka, BPC Sahabat UMKM Karawang Bantu Pengelolaan Galeri Pusat Oleh-oleh UMKM Karawang

Karawang, 12 Agustus 2020 – Dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang bekerja sama dengan Komunitas Sahabat UMKM Karawang meresmikan Galeri Pusat Oleh-oleh UMKM Karawang, Rabu, (12/8/20).

Galeri Pusat Oleh-oleh UMKM Karawang yang diresmikan oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana ini merupakan pusat oleh-oleh yang di dalamnya menerima serta memasarkan produk pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Karawang.

Nantinya, hasil produk dari UMKM Karawang dapat dipasarkan secara offline dan online. Produk yang ditampilkan mulai dari sektor kuliner, fesyen, kerajinan tangan, dan lainnya.

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana menjelaskan jika Karawang memiliki banyak potensi mulai dari sektor pertanian, perikanan, makanan dan minuman, batik, hingga kerajinan yang tersebar luas di berbagai wilayah.

“Ini cita-cita kita sudah lama sekali. Karena orang-orang biasanya bingung, mau cari oleh-oleh Karawang ke mana sih?” ujarnya dalam peresmian Galeri Pusat Oleh-oleh Karawang pada Rabu (12/8/20).

Cellica mengatakan jika dengan hadirnya fasilitas yang dikelola oleh Sahabat UMKM dalam satu pintu ini akan memudahkan mereka yang ingin mencari oleh-oleh khas dari Karawang.

Pengelolaan Galeri Pusat Oleh-oleh UMKM Karawang ini nantinya akan dijalankan oleh koperasi, karyawan Diskop UKM Karawang, dan Badan Pengurus Cabang (BPC) Sahabat UMKM Karawang.

Yani Armahadyani selaku Bendahara BPC Karawang mengatakan, tujuan dihadirkannya Galeri Pusat Oleh-oleh UMKM Karawang yaitu sebagai wadah untuk membantu para pelaku UMKM di Kabupaten Karawang dalam memasarkan produknya melalui media sosial ataupun penjualan di toko secara offline.

Selain itu, lanjut Yani, Galeri Pusat Oleh-oleh Karawang ini menjadi wujud harapan dari keinginan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang untuk memiliki tempat belanja oleh-oleh yang dibeli oleh para pengunjung baik dalam kota ataupun luar kota.

Bupati Karawang berharap melalui Galeri Pusat Oleh-oleh UMKM Karawang dapat membantu pelaku UMKM Karawang untuk mempromosikan produknya melalui offline ataupun online. Sehingga hal tersebut dapat mendukung aktivitas bisnis serta perkembangan produk UMKM.

Cellica juga menuturkan jika Galeri Pusat Oleh-oleh UMKM Karawang ini dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19 yang ditetapkan oleh Pemerintah. Ia menjelaskan jika konsumen juga dapat memesan produk-produk yang ada dari rumah dan akan diantarkan ke tempat mereka.

Sementara itu Faisal Hasan Basri selaku Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat Sahabat UMKM mengapresiasi pembukaan Galeri Pusat Oleh-oleh UMKM Karawang sebagai wujud kerja sama Pemerintah Kabupaten Karawang dan BPC Sahabat UMKM Karawang dalam mendukung UMKM di Karawang.

Ia berharap kehadiran tempat belanja oleh-oleh khas Karawang tersebut dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM Karawang serta dapat memaksimalkan pemasaran produk UMKM Karawang.

Selain sebagai pusat oleh-oleh, Faisal juga mengajak untuk mengoptimalkan manfaat keberadaan fasilitas ini sebagai tempat pelatihan atau tempat diskusi bagi para pelaku UMKM Karawang.

Selain dihadiri oleh Cellica Nurrachadiana selaku Bupati Karawang, pembukaan Galeri Pusat Oleh-oleh UMKM Karawang ini juga turut dihadiri oleh Ade Sudiana selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang, BPC Komunitas Sahabat UMKM Karawang, pelaku UMKM, dan perwakilan dari perbankan.

Bupati Karawang mengajak semua pelaku UMKM Karawang yang membutuhkan bantuan akses pemasaran untuk memanfaatkan kehadiran tempat ini dan bergabung menitipkan produknya di Galeri Pusat Oleh-oleh UMKM Karawang. Ia juga mengajak pelaku UMKM untuk berpikir kreatif di masa pandemi COVID-19 untuk dapat terus menggerakkan roda perekonomian.

Unduh Dokumen Pendukung :