Sahabat UMKM dan Ikatan Alumni SBM ITB Saling Bantu Membantu Lawan COVID-19

Virus Corona memberikan dampak yang cukup luas terhadap kegiatan yang dilakukan masyarakat, salah satunya adalah dampak dalam kegiatan perekonomian. Oleh karena itu, Ikatan Alumni Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (IA SBM ITB) luncurkan gerakan penggalangan dana sosial melalui inisiatif program Pelita SBM untuk #SalingBantuMembantu. Penggalangan dana ini dilakukan melalui platform crowdfunding kitabisa.com.

Penggalangan dana ini akan dikelola oleh program Pelita SBM untuk beberapa keperluan yaitu subsidi ekonomi untuk pekerja informal dengan upah harian, penyaluran kebutuhan dasar bagi warga kelas menengah kebawah yang terkena dampak Covid-19, dan pengadaan alat pelindung diri (APD) yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan di DKI Jakarta dan daerah lainnya di Indonesia.

Bekerja sama dengan Komunitas Sahabat UMKM, IA SBM ITB menghadirkan program penggalangan dana yang akan didonasikan kepada para tenaga medis dan pelaku usaha yang terdampak COVID-19.

Julian Andrio, Project Manager Sahabat UMKM menjelaskan kerjasama tersebut terjalin karena adanya visi dan misi yang sama, yaitu ingin membantu para tenaga medis yang saat ini menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien terdampak COVID-19. 

Program ini memiliki dua tujuan yaitu pertama secara kemanusiaan yaitu membantu memenuhi kebutuhan para tenaga medis, dan yang kedua dari segi ekonomi dapat membantu perputaran bisnis pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) saat ini.

Bantuan yang diberikan untuk tenaga medis yaitu melibatkan dan memanfaatkan produk-produk yang dihasilkan oleh anggota Sahabat UMKM. Nantinya produk tersebut akan dikurasi dengan melihat dari segi kualitas, legalitas, dan pemilik yang memang sangat terdampak dari pandemi virus Corona. Untuk sektor UMKM yang terlibat meliputi bidang kuliner sehat, konveksi berupa pembuatan alat pelindung diri (APD), dan sektor kesehatan berupa pembuatan handsanitizer.

Program ini akan didistribusikan ke area Jabodetabek, namun tidak menutup kemungkinan jika memenuhi akan diberikan dalam skala nasional. Untuk tahap kloter pertama, bantuan donasi ini telah diberikan ke empat Rumah Sakit di 3 daerah, yaitu RS. Anna Pekayon dan RS. Bhakti Kartini di Bekasi; RS. Hermina Depok; dan RS. Sari Asih di Tangerang. Bantuan ini telah diberikan pada Senin, 4 Mei 2020.

Melalui program ini, Julian berharap kedepannya dapat membantu memenuhi kebutuhan tenaga medis dapat terfasilitasi, karena para tenaga medis merupakan pahlawan yg berada pada garda terdepan dalam mengatasi COVID-19. Sementara itu dari sisi lain ekonomi dapat membantu pelaku UMKM yang terdampak virus Corona melalui program ini.

 

Unduh Dokumen Pendukung :