Sahabat UMKM Hadirkan Toko Online Bagi Para Pelaku UMKM

Komunitas Sahabat UMKM menghadirkan Sahabat UMKM Store sebagai salah satu langkah untuk membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa bertahan di tengah pandemi COVID-19.

Komunitas Sahabat UMKM adalah sebuah komunitas independen yang hadir sebagai mitra strategis untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar dapat memiliki daya saing. Untuk itu, dalam membantu pelaku UMKM agar tetap bertahan untuk berjualan, Komunitas Sahabat UMKM memanfaatkan platform digital yaitu toko online bernama SUMKM Store.

Tujuan Komunitas Sahabat UMKM menghadirkan Sahabat UMKM Store adalah untuk mendigitalisasikan unit bisnis pelaku UMKM dan membantu memasarkan produk anggota komunitasnya. Sehingga nantinya bagi pembeli atau pengunjung Tokopedia tidak perlu kesulitan untuk mencari barang UMKM pilihan dari anggota Sahabat UMKM.

Sahabat UMKM Store adalah suatu wadah online untuk memasarkan produk-produk pelaku UMKM yang sudah tergabung menjadi anggota Komunitas Sahabat UMKM. Hal ini merupakan sebuah langkah kecil yang dilakukan untuk membantu memasarkan produk mereka di situasi saat ini di mana pelaku UMKM mengalami penurunan produksi.

Sahabat UMKM Store saat ini hadir di platform e-commerce Tokopedia untuk menjangkau pemasaran secara nasional. Alasan memanfaatkan platform tersebut adalah karena Tokopedia merupakan e-commerce nomor satu dengan traffic visitor terbanyak di Indonesia

Faisal Hasan Basri selaku Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat Sahabat UMKM menjelaskan, Tokopedia memiliki sistem penjualan yang paling aman. Selain itu, Sahabat UMKM memiliki visi dan misi yang sama dengan Tokopedia, yaitu meningkatkan UMKM dan pemerataan ekonomi sosial.

Target yang dituju adalah konsumen atau semua pihak yang dapat mengakses SUMKM Store tersebut. Penjual produk pun sudah pasti adalah pelaku usaha yang sudah terdaftar keanggotaannya dalam Komunitas Sahabat UMKM.

Saat ini sudah ada 11 anggota SUMKM yang bergabung dan kedepannya diharapkan semakin banyak lagi yang terlibat.

Julian Andrio, Project Manager Sahabat UMKM menjelaskan, untuk proses kurasi pemasaran yang dilakukan adalah memilih beberapa produk unggulan SUMKM dengan melihat sisi legalitas usaha, kemasan yang menarik, dan kualitas produk yang baik.

Kehadiran SUMKM Store mendapatkan respon yang baik dari anggota SUMKM dan mereka sangat antusias. Karena bagi pelaku UMKM, jaringan serta pemasaran menjadi salah satu kendala usaha bagi mereka dan SUMKM Store pun hadir untuk memudahkan mereka.

Unduh Dokumen Pendukung :