Ubah Mindset, Dongkrak Omzet

Dalam membangun sebuah bisnis, tidak hanya modal materi serta teknik manajemen saja yang dibutuhkan. Agar dapat meraih kesuksesan, para pebisnis juga harus membangun mental bisnis yang kuat. Hal ini penting sebagai bekal menghadapi segala macam tantangan yang mungkin akan dihadapi dalam perjalanan usaha.

Mengapa memiliki mental yang kuat begitu penting di dalam berbisnis, khususnya di masa pandemi? Karena di dalam berbisnis layaknya seperti di medan perang. Mereka yang memiliki keberanian, pantang menyerah, strategi yang baik, pola pikir (mindset) dan mental pengusaha yang kuatlah yang akan bertahan di masa pandemi ini.

President of ASPIRASI (Asosiasi Penulis dan Insporator Indonesia), William Wiguna mengatakan, di masa pandemi Covid-19 pelaku usaha dituntut untuk berpikir pintar dan kreatif. Sebab jika biasa-biasa saja, maka akan tertinggal dengan yang lain. Maka dari itu, pelaku usaha harus bisa untuk tidak pernah puas dan tidak pernah berhenti untuk berinovasi.

Untuk menjadi seorang pengusaha yang pintar, setidaknya ada dua modal penting yang perlu diperhatikan berkaitan dalam mengembangkan bisnis. Dua modal penting tersebut adalah kesiapan mindset (pola pikir) serta pengetahuan tentang strategi membangun bisnis yang benar.

William menjelaskan mindset merupakan ukuran kekuatan seorang pengusaha dalam memegang kendali bisnis yang dijalankan. “Pengusaha memiliki kewajiban untuk mengembangkan mindset agar bisnis bisa bertahan dan bertumbuh,” katanya saat menjadi pembicara dalam sesi Business Coaching di kegiatan UMKM Academy by Kimia Farma bersama Komunitas Sahabat UMKM pada Senin (9/11/20).

Menurutnya, mengubah mindset untuk semakin berkembang membangun usaha sangatlah penting. Karena memulai suatu bisnis di tengah pandemi memang tidak mudah. Ada berbagai langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk mencapai titik dimana usaha bisa didirikan.

“Setelah berdiri, masih banyak pula hal yang harus dikerjakan agar usaha bisa terus berkembang serta mencapai target sesuai kemampuan Anda,” lanjutnya.

President of ASPIRASI (Asosiasi Penulis dan Insporator Indonesia), William Wiguna, dalam sesi Business Coaching di program UMKM Academy by Kimia Farma, Senin (9/11/2020).

 

Dengan kemampuan yang dimiliki, pengusaha harus menentukan strategi bisnis yang tepat. Karena strategi yang matang akan memudahkan pelaku usaha dalam menentukan arah bisnis dan menjalankan usaha yang diinginkan. Di sisi lain, ketatnya persaingan di dunia bisnis juga menuntut pelaku usaha untuk siap bertarung dan menghadapi risiko yang sewaktu-waktu bisa muncul.

William juga menganggap jika faktor hoki ataupun keberuntungan cukup berpengaruh bagi keberhasilan bisnis. Yang perlu dipahami oleh banyak orang adalah, di balik sebuah keberuntungan terdapat usaha keras orang-orang yang memperjuangkan bisnisnya. Mereka berusaha dan kemudian menemukan keberuntungan mereka dengan cara masing-masing.

“Pelaku usaha yang mau mengubah mindset akan dapat menciptakan keberuntungannya sendiri, khususnya di tengah pandemi,” pungkasnya.

Simak sesi Business Coaching yang membahas mengenai "Mental Wirausaha" bersama William Wiguna di video berikut ini.

Unduh Dokumen Pendukung :